131.
Pada hakekatnya seseorang telah mendapatkan esensi pendidikan informal, antara
lain : dalam melakukan pekerjaan
sehari-hari
a.
Sebagai penebang pohon di hutan dengan gergaji mesin
b.
Sebagai pekerjaan las listrik
c.
Sebagai pekerja, membajak sawah dengan bajak mesin kubota
d. sebagai nelayan dilaut dengan perahu layar
132. J.P Farrier dalam Institutes of Metaphics
(1854). Pemikiran tentang teori pengetahuan itu disebut
a.
metaphisilogi
b. epistemologi
c.
terminologi
d.
etnologi
133.
Kepercayaan bahwa teknologi dalam penerapannya sebagi jalur utama menyongsong
masa depan cerah, sudah sangant mendalam sikap demikian disebut wajar asalkan
a.
tidak lari dari kenyataan
b. tetap dalam kontek penglihatan yang rasional
c.
mempermudah kehidupan manusia
d.
mempunyai dampak sosial yang baik
134.
E.F Schumacher dalam kecil itu indah, bahwa dunia modern yang dibentuk oleh
teknologi menghadapi tiga krisis sekaligus. Antara lain
a.
sifat kemanusiaan berontak terhadap pola-pola politik, organisasi, dan
teknologi yang tidak berprikemanusiaan
b.
lingkungan hidup menderita dan menunjukan tanda tanda setengah binasa
c.
penggunaadn sumber daya yang tidak dapat dipulihkan
d. a, b, c benar
135. Pandangan aristoteles tentang ilmu
pengetahuan adalah
a. pengetahuan merupakan pengetahuan yang dapat diinderai dan
merangsang budi
b.
pengetahuan merupakan serba budi
c.
pengetahuan sebagai inderai dan batin
d.
pengetahuan merupakan persatuan antara budi dan pengalaman
136.
Pengetahuan dianggap benar apabila berpangkal pada teori teori kebenaran
pengetahuan. Teori – teori tersebut antara lain
a. Pengetahuan bertindak tolak adanya hubungan dalil, dimana
pengetahuan dianggap benar apabila dalil itu mempunyai hubungan dengan dalil
yang terdahulu
b.
pengetahuan itu benar apabila ada kesesuaian dengan kenyataan
c.
Pengetahuan itu benar apabila mempunyai konsekwensi praltis dalam diri yang
mempunyai pengetahuan itu
d.
a, b, c benar
137.
Banyaknya teori dan pendapat tentang pengetahuan dan kebenaran mengakibatkan
suatu devinisi ilmu pengetahuan akan mengalami kesulitan sebab
a.
Membuat sustu devinisi dari devinisi ilmu pengetahuan yang dikalangan illmu
sendiri belum ada keseragaman pendapat, hanya akan terperangkap dalam
tautologis dan pleonasme
b. membuat suatu devinisi dari devenisi ilmu pengetahuan yang
dikalangan ilmuwan sendiri sudah ada keseragaman pendapat, hanya akan terangkap
dakan tuatologis dab oleonasme
c.
a, b benar
d.
a, b salah
138.
untuk mencapai suatu pengetahuan yang ilmiah dan obyektif diperlukan sikap yang
bersifat ilmiah, sikap tersebut antara lain
a.
ada persamaan yang bersifat pamrih sehingga mencapai pengetahuan ilmiah yang obyektif
b.
belum merasa pasti bahwa setiap pendapat, teori, maupun aksioma terdahulu telah
mencapai
c. tidak ada perasaan yang bersifat pamrih sehingga mencapai
pengetahuan ilmiah yang obyektif
d.
a, b, c benar
139. Teori Plato tentang
Argumen Ontologis, artinya:
a. berteori tentang wujud atau hakikat yang ada
b.
berteori tentang wujud atau hakikat yang tidak ada
c.
a, b benar
d.
a, b salah
140. Filsafat modern
mengakui bahwa manusia dalam pekerjaan ilmiahnya
a.
hanya bekerja dengan akal budinya
b.
bekerja dengan akal budi dan seluruh ekstensinya
c. bekerja dengan akal budi dan seluruh ekstensinya dengan seluruh
keadaanya dengan hatinya juga panca indranya
d.
a, b, c benar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar